Minggu, 10 Januari 2016

Pelayanan Prima Gojek BAB III

BAB III
PEMBAHASAN

3.1.  Sejarah
Ide Go-Jek muncul saat CEO Go-Jek, Nadiem Makarim, bercengkrama  dengan tukang ojek langganannya. Ternyata lebih dari 70% waktu kerjanya hanya menunggu pelanggan. Nadiem Makarim pun langsung wawancara tukang ojek lainnya, ternyata semuanya mengeluh susah cari pelanggan. Apalagi di Jakarta kemacetan makin memburuk. Jika ada layanan transport dan delivery yang cepat dan praktis, pasti akan sangat membantu warga Jakarta.GO-JEK merupakan sebuah perusahaan transportasi asal Indonesia yang melayani angkutan manusia dan barang melalui jasa ojek. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 di Jakarta oleh Nadiem Makarim.Nadiem Makarim diketahui pernah bekerja di sebuah perusahaan Mckinsey & Company sebuah konsultan ternama di Jakarta dan menghabiskan masa selama tiga tahun bekerja disana. Diketahui pula ia pernah bekerja sebagai Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia kemudian menjadi Chief Innovation officer kartuku. Berbekal banyak pengalaman selama bekerja, Nadiem Makarim kemudian memberanikan diri untuk berhenti dari pekerjaannya dan mendirikan perusahaan GO-JEK pada tahun 2011.

3.2.  Fasilitas layanan yang di berikan
PT GO-JEK Indonesia memberikan 8 fasilitas layanan kepada para pelanggan nya, yaitu :

1.    GO-BOX
17
Adalah Layanan sebuah aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan nya .dalam fitur ini para pelanggan dapat memesan jasa mobil pickup hingga truk dengan boks besar untuk mengantarkan barang dari tempat asal ke tempat tujuan. Dalam fitur ini pengguna aplikasi dapat menuliskan pesan untuk alamat asal, alamat tujuan, kontak yang dihubungi, barang-barang yang akan dibawa, fitur ekstra, dan waktu untuk pengambilan barang.

2.    GO-Glaim
Adalah suatu  layanan berbasis  aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan nya.dalam fitur ini para pelanggan dapat memesan jasa salon seperti creambath, hair dry, blow dry, Hair coloring, maicure, dan pedicure. Nantinya penggunanya dapat memberikan alamat lengkap, data diri, nomor telepon, waktu pemesanan, layanan yang diinginkan, dan terakhir akan diberikan review ulang pemesan serta harga jasa yang diajukan.

3.    Go-Clean
Adalah suatu Layanan berbasis aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan nya. Dalam fitur ini para pelanggan dapat memesan jasa untuk membersihkan rumah, asrama, atau apartemen yang ditempatinya. Selain itu, penggunanya dapat merinci apa saja yang harus dibersihkan oleh petugas, waktu pemesanan, komentar, data diri, durasi waktu, dan terakhir akan diberikan review ulang pemesanan serta harga yang diajukan.

4.    Go-Massage
Adalah suatu Layanan berbasis aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan nya dalam fitur ini para pelanggan dapat memesan jasa ini dapat membantu untuk mengatasinya. Dimana penggunanya dapat memesan jasa pijat memijat dengan merinci data diri, waktu pemesanan, menu pijat, durasi waktu layanan, komentar, dan terakhir akan diberikan review ulang pemesanan serta harga yang diajukan.

5.    Go-Mart
Adalah layanan berbasis aplikasi yang disediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan, berupa  layanan belanja pesan antar yang memiliki 25.000 jenis barang dari 20 lebih pilihan toko di seluruh wilayah Jabodetabek. Layanan ini mendukung toko-toko dengan banyak macam, mulai dari minimarket, supermarket, toko alat tulis, optic dan petshop.Semua barang toko-toko tersebut dapat dipesan melalui aplikasi GO-JEK.
6.    Go- Ride
Adalah layanan berbasis aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan ,berupa layanan antar jemput penumpang dari lokasi penjemputan sampai kelokasi tujuan. Pelanggan bisa mendetect keberadaan driver yang akan menjemput nya.para pelanggan akan diberikan masker dan hair cover sebagai bentuk pelayanan prima dari PT GO-JEK Indonesia secara gratis.maping berfungsi  sebagaialat untuk  memudahkan para pelanggan untuk mengetahui identitas para driver melalui aplikasi GO-JEK
7.    Go-Food
Adalah layanan berbasis aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indonesia untuk para pelanggan berupa layanan antar makanan.antinya akan muncul berbagai macam restoran dan rumah makan yang terlacak sesuai dengan lokasi disekitar pengguna. Selanjutnya pelanggan mulai bisa memilih menu makanan yang akandipesan. Setelah menyetujui pesanan, maka pengguna tinggal menunggu makanan diantar pihak Go-Jek..Saat menunggu pesanan datang, pelanggan  bisa melacak keberadaan kurir dan menghubunginya jika pesanan belum juga datang dalam waktu lama. Mengenai pembayaran, menu makanan yang telah dipesan akan dibayardulu(ditalangi sementara) oleh pihak Go-Jek. Ketika makanan telah sampai, barulah pelanggan membayar dengan uang tunai atau melalui Go-Jek Kredit.
8.    Go-Send
Adalah layanan berbasis aplikasi yang di sediakan oleh PT GO-JEK Indoneia untuk para pelanggan berupa jasa instan kurir, dimana para driver berfungsi sebagai kurir.


3.3.  Profile Perusahaan
PT GO-JEK Indonesia adalah dalah sebuah perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi yang menggunakan armada Ojek Motor yang tersebar dihampir seluruh wilayah cakupan Indonesia.PT GO-JEK Indonesia didirikan oleh Nadiem Makarim, ia lulus SMA di Singapura, dari Singapura ia kemudian melanjutkan pendidikannya di jurusan International Relations di Brown University.perusahaan ini didirikan pada tahun 2011. Kantor pusat yang terletak di Jl. Kemang Timur No.15, Mampang Prapatan.Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730. Seiring berkembang nya permintaan masyarat terhadap layanan GO-JEK, kini GO-JEK mempunyai kantor cabang di setiap daerah .PT GO-JEK Indonesia sudah mencapai 650.000 orang dengan pertumbuhan pengojek mencapai 10.000 orang yang bergabung. Tidak hanya wilayah Jabodetabek, GO-JEK sudah melebarkan sayapnya hingga ke Bali, Bandung, dan Surabaya.Fungsi  kantor pusat yaitu tempat dimana server dan peralatan dan juga karyawan operator bekerja juga tempat penyimpanan server dari Go-jek Online dan juga tempat dimana konsumen menyampaikan keluhan atas pelayanan yang berikan dan juga pusat koordinasi antara pimpinan dengan tukang ojek


3.4.  Struktur Organisasi
A.  Direktur Utama
·      Memutuskan dan menentukan peraturan dan kebijakan tertinggi perusahaan.
·      Bertanggungjawab dalam memimpin dan menjalankan perusahaan.
·      Bertanggung Jawab atas keuntungan dan juga kerugian yang dialami perusahaan
·      Merencanakan serta mengembangkan sember-sumber pendapatan dan pembelanjaan kekayaan perusahaan.
·      Menentukan Strategi untuk mencapai Visi-Misi perusahaan
·      Mengkoordinasi dan mengawasi semua kegiatan perusahaan mulai bidang administrasi, kepegawaian hingga pengadaan bararang

B.  Wakil Direktur
·      Membantu Semua Tugas Direktur Utama yang merupakan wakil di masing-masing area.

C.  Manager IT
·      Mengembangkan dan menyusun strategi dan rencana IT Go-jek dalam hal mempermudah pekerjaan dan dalam pelayanan kepada pelanggan.
·      Mengkoordinir dan mengelola pendayagunaan software, hardware, Brainware dan jaringan di bidang TIK untuk mencapai kinerja optimum Go-Jek Indonesia.
·      Mengelola layanan perancangan sistem kompterisasi dan progam aplikasi perangkat yang terintegrasi
·      Menyediakan data-data yang diperlukan oleh Bagian lain yang menyangkut IT

D.  Manager Karyawan Front Office& Pemasaran
·      Melatih, menetapkan, melatih dan mengevaluasi karyawan front office
·      Memastikan bahwasaanya karyawan mengetahui sistem komputerisasi, etika menerima keluhan secara langsung atau via telephon dan standard operasional Go-jek.
·      Menangani keluhan pelanggan yang tidak   bisa di selesaikan bawahannya
·      Membuat laporan daftar pelanggan.
·      Menjaga kedisiplinan petugas kantor dengan memberikan sanksi dan peringatan bagi yang melanggar.
·      Merencanakan dan menetapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pemasaran

E.   Manager akuntansi
·      Mengkoordinasi perencanaan anggaran
·      Mengembangkan format pengajuan danpertanggungjawaban keuangan.
·      Mengkoordinasi pelaksanaan audit
·      Melakukan sistem pencatatan keuangan.
·      Bertanggungjawab terhadap wakil direktur
·      Merencanakan mengendalikan dan membuat keputusan atas semua aktivitas akuntansi.
·      Menerima laporan arus kas keluar dan masuk ke perusahaan

F.   Manager Ojek
·      Membuat kelompok-kelompok tukang ojek
·      Mengkoordinir semua karyawan tukang ojek
·      Selalu melakukan pengontrolan di setiap lini pangkalan Go-jek.
·      Bertanggung jawab kepada wakil Direktur   atas Semua Karyawan Tukang Ojek

G.  Karyawan
·      Bidang programming :
o  Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Progaming
o  Bertanggungjawab mengenai progam kepada manajer IT.
·      Bidang Web  :
o  Melaksanakan semua pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer IT di bidang Web
o  Bertanggungjawab mengenai program aplikasi maupun web go-jek
·       Front Office (CS, Administrasi & Pemasaran)
o   Melaksanakan Semua pekerjaan Front Office yang ditetapkan oleh Manajer Front office dan administrasi
o   Bertanggung Jawab Kepada Manajer Front office dan administrasi

H.  Tukang Ojek
·      Melaksanakan Semua Pekerjaan yang ditetapkan oleh manajer Bagian Ojek.
·      Mengantarkan penumpang dan pesanan sesuai dengan waktu ditetapkan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.
·      Bertanggung jawab kepada atasannya.


3.5.  Visi & Misi Perusahaan
Visi
·         Membantu memperbaiki struktur transportasi di Indonesia, memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari seperti pengiriman dokumen, belanja harian dengan menggunakan layanan fasilitas kurir, serta turut mensejahterakan kehidupan tukang ojek di di Indonesia baik untuk masa kini dan  kedepannya.

Misi
·         Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola struktur transportasi yang baik dengan menggunakan kemajuan teknologi
·         Memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada pelanggan
·         Membuka Lapangan Kerja Selebar-lebarnya bagi masyarakat Indonesia
·         Meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.




3.6.  Analisis Swot Go-Jek Indonesia
·         Sthrenghts
Kekuatan dari dalam yang dimiliki oleh Go-jek adalah satu-satunya model alat transportasi umum yang menawarkan berbagai macam kemudahan Selain menyediakan jasa antar jemput penumpang, Go-Jek juga menyediakan jasa lain yang cukup membantu seperti kurir instan, dan personal shopping tercepat, selain itu keunggulan dari go-jek ini adalah menggunakan layanan sms, telephon dan aplikasi mobile jadi penumpang tidak perlu menghampiri tukang ojek cukup telephone atau mengirim pesan Go-jek akan menghampiri anda.
·         Weakness
Kelemahan dari Go-jek ini adalah ketika pelanggan menggunakan layanan personal shopping mungkin barang yang di inginkan kurang sesuai dengan yang di inginkan ketika kurang lengkap menjelaskan barang apa yang ingin dibeli dan saat ini go-jek masih menyediakan credit untuk pembelian barang tidak lebih dari satu juta rupiah.
·         Oportunities
Peluang yang yang dimiliki Go-jek ini adalah Go-jek dapat memperluas jangkauan nya sampai ke kota-kota besar di indonesia bukan hanya di Jakarta karena dengan adanya Go-jek Indonesia ini dapat juga membantu Tukang Ojek lainnya dalam hal beroperasi sehingga struktur tranportasi umum di Indonesia menjadi lebih baik kedepannya.
·         Threaths
Ancaman yang akan dihadapi go-jek saat ini adalah munculnya pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama.


3.6.1. Segmentasi Berdasarkan Respons pelanggan
a.       Segmentasi Manfaat
Awalnya konsumen berfikir mencari alat transportasi yang memberikan banyak kemudahan dan manfaat maka dari itu Go-jek datang untuk menjawab itu semua bukan hanya menyediakan jasa antar jemput tetapi juga personal shopping dan kurir instan.
b.      Segmentasi Pengguna / pelanggan
Dalam hal ini Go-jek membagi pasar berdasarkan pengguna, dimana akan mengidentifikasi mana yang termasuk pengguna berat, menengah dan ringan.
c.       Respon Promosional
Go-jek memasarkan produknya menggunakan iklan di berbagai media massa  dan awal akan membuat event saat pembukaan Go-jek. Setelah itu akan mengidentifikasikan pelanggan  berdasarkan bagaimana pelanggan  merespon bentuk-bentuk promosi yang dilakukan Go-jek.
d.      Loyalitas
Dalam hal segmentasi ini Go-jek akan membagai konsumen dalam 2 kelompok yaitu konsumen Loyal dan kurang Loyal.

Setelah mengidentifikasikan macam-macam segmentasi yang mungkin akan dipakai maka sekarang adalah memilih dasar terbaik untuk segmentasi dari berbagai macam kelebihan dankelemahan yang telah didapatkan maka kami memilih dasar segmentasi untuk Go-jek ini adalah sebagai berikut:
1.      Demografi
2.      Geograsi
3.      Manfaat
4.      Loyalitas.

3.6.2. Target Kepuasan Pelanggan
Setelah mengevaluasi berbagai macam segmen kepuasan pelanggan yang ada, Go-jek memutuskan melakukan pasar target dengan melakukan strategi kepuasan pelanggan tanpa perbedaan yaitu mengabaikan perbedaan segmen pasar daan menawarkan berbagai macam produk  jasa yang disediakan kepada go-jek kepada seluruh pelanggan , karena jasa yang ditawarkan oleh Go-jek ini dirasa bisa di nikmati atau dipakai untuk semua kalangan, karena harganya yang ekonomis dan mudah dijangkau oleh semua kalangan.hal ini berdampak positif kepada nilai kepuasaan pelanggan terhadap pelayanan jasa yang diberikan oleh PT Go-jek Indonesia.



























BAB IV
PENERAPAN TQS (TOTAL QUALITY SERVICE)

4.1.  Total Quality Service yang diberikan PT GO-JEK Indonesia terhadap Pelanggan
Sebagai Perusahaan jasa yang sangat menjunjung tinggi sebuah kualitas jasa yang berikan, Go-Jek memberikan kualitas  Jasa yang baik seperti
·         Kehandalan
Go-jek mampu memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan tepat, dan dapat dipercaya, tepat waktu seperti pelayanan:
o   90 minute delivery anywhere in the city
·         Daya Tanggap
Go-jek siap dan tanggap untuk menangani respon permintaan pelanggan  karena go-jek melakukan sistem online dalam hal pelayanannya juga menyediakan pinjaman dana untuk konsumen yang menggunakan jasa belanja.
o   Shop for food, ticket, medicine anything under Rp 1.000.000. motto go-jek “We'll pay for it first”
·         Assurance (Jaminan)
Dalam pelayanannya Gojek berusaha untuk membuat konsumen merasa aman dalam hal pemakaian jasa Go-jek, dan juga selalu sopan terhadap konsumen, Seperti:
o   Transparent pricing, Free shower cap and masker
o   Selalu mengutamakan kejujuran dan kepercayaan
·         Emphaty
Dalam hal ini Go-jek berusaha menjadikan konsumen seperti pathner dan juga menciptakan hubungan relasional yang baik dengan pelanggan.


27
 
·         Tangible
Go-jek Selalu memberikan fasilitas fisik yang memadai juga perlengkapan dan juga sarana komunikasi baik untuk driver ataupun pelanggan
o   Peralatan Modern : Sistem Online dan TI nya yang bisa di instal di smartphone


4.2.  Karakteristik Pelayanan Terhadap Jasa
Produk jasa memiliki karakteristk yang berbeda dengan barang. Griffin (1996) dalam Rambat Lupiyoadi (2013) menyebutkan bahwa karakteristik jasa, sebagai berikut:
a.       Intangibility (Tidak berwujud),  jasa tidak dapat dilihat, dirasa, diraba, didengar atau dicium sebelum jasa itu dibeli.
b.      Unstorability (tidak dapat disimpan), jasa tidak mengenal persediaan atau penyimpanan dari produk yang telah dihasilkan.
c.       Customization (Kustomisasi), jasa sering kali didesain khusus untuk kebutuhan pelanggan.

Menurut kami Ojek Online ini telah memenuhi ketiga klasifikasi diatas karena GOjek Online ini bisa di nikmati ketika pelanggan membeli jasa yang ditawarkan, Ojek Online ini juga tidak mengenal peyimpanan dari produk yang telah dhasilkan. Dan yang terakhir Ojek Online ini memang di desain  untuk mempermudah masyarakat dikota bahkan seluruh indonesia, untuk menyediakan jasa transportasi, pengantaran barang, maupun membantu membelikan barang yang di inginkan oleh pelanggan.






BAB V
PENUTUP

5.1.  Kesimpulan
Pelayanan yang diberikan Gojek kepada pelanggan berupa driver yang ramah dan pelayanannya yang cepat. Jika ada keluhan dari penumpang maka, penumpang dapat memberikan komententarnya jika pemesanan telah berhasil dilakukan. Selain itu, Gojek selalu memberikan inovasi terbaru demi kepuasan pelanggan.

5.2.  Saran
Dilihat dari faktor cuaca yang tidak menentu sekarang ini, kami menyarankan untuk kedepannya Ojek Online ini dapat memberikan fasilitas berupa jas hujan untuk para customernya.

29
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar